--------- DINAS KEHUTANAN PROVINSI JAWA TIMUR ----------------------------

date .            


   

Untitled Document


DISHUT JATIM ONLINE
Untitled Document
  • DEPHUT RI
  • P E R H U T A N I unit II
  • BALAI BESAR KSDA Jatim
  • BP DAS Brantas
  • BP DAS Sampean
  • BP DAS Solo
  • B P P H
  • BALAI TAHURA
  • BTN Bromo Tengger Semeru
  • BTN Baluran
  • BTN Meru Betiri
  • BTN Alas Purwo

Dinas Kehutanan
Provinsi Jawa Timur
Jl Raya Juanda Surabaya
Telp. (031) 8666549
Fax. (031) 8667858
Email : info@dishut.jatimprov.go.id
-----------------------------------------------

SARAN & KOMENTAR
info@dishut.jatimprov.go.id
© Dinas Kehutanan Prop Jatim
-----------------------------------------------
Best View
Monitor Screen 1024x768


Jawa Timur Juara 1 Nasional OBIT 2011



                                           JAWA TIMUR KEMBALI MERAIH JUARA 1 NASIONAL
                                          ONE BILLION INDONESIAN TREES (OBIT) TAHUN 2011

Surabaya, 28 Nopember 2012


        Provinsi Jawa Timur untuk ke dua kalinya menerima juara 1 tingkat Nasional One Billion Indonesian Trees (OBIT) yang langsung diserahkan oleh Presiden SBY pada hari Rabu tanggal 28 Nopember 2012 di Kawasan Bandara Internasional Soekarno - Hatta, Cengkareng.
Gubernur Jawa Timur, bapak Soekarwo, berhasil menggerakkan seluruh lapisan masyarakat Jawa Timur untuk melakukan kegiatan penanaman secara serentak dan terus menerus dengan kesadaran yang tinggi akan pentingnya menanam pohon di sekitar rumah atau lingkungan, sehingga pada tahun 2012 ini Jawa Timur memenangkan juara OBIT, sedangkan juara II diraih oleh Provinsi Sumatera Barat dan juara III diraih Provinsi Sulawesi Utara.
      Untuk tingkat kabupaten masing-masing diterima Bupati Grobogan H. Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Bupati Minahasa Utara Drs. Sompie S.F Singal, MBA, sedangkan tingkat kota masing-masing diterima Walikota Surabaya Ir.Tri Rismaharini, MT, Walikota Balikpapan H.M.Rizal Effendi,SE dan Walikota Metro H. Lukman Hakim, SH, MM.
Pada peringatan HMPI tahun ini Presiden SBY menanam pohon Manglid (Manglieta glauca) sedangkan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono menanam Sempur (Dillenia SP ). Selain itu Wakil Presiden beserta Istri, Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, pimpinan lembaga negara serta perwakilan duta besar negara sahabat juga ikut menanam pohon.
      Wakil Presiden Boediono pada kesempatan tersebut akan menanam Tanjung (Mimusops elengi) sedangkan Ibu Wakil Presiden Hj. Herawati Boediono menanam Kenari (Canarrium S). Sementara Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cempaka (Michelia champaca) serta Ibu Menteri Kehutanan Soraya Zulkifli Hasan menanam Sawo Kecik (Manilkara kauki).
      Tema peringatan HMPI dan BMN tahun ini adalah "Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau" dengan maksud bahwa Indonesia konsisten melaksanakan pembangunan berkelanjutan dengan memanfaatkan sumberdaya hutan sebagai salah satu inti penggerak perekonomian, penyediaan lapangan kerja bagi rakyat, pengentasan kemiskinan dan ramah lingkungan, sekaligus untuk memenuhi komitmen Presiden SBY terkait dengan upaya bangsa Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dalam rangka penanggulangan dampak buruk akibat perubahan iklim.
       Momentum Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) ini diharapkan mampu menggalang dan membangkitkan semangat, motivasi dan budaya masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon lebih giat dan lebih banyak lagi demi kepentingan generasi penerus bangsa di masa mendatang.
Kesadaran masyarakat Jawa Timur dalam menanam pohon sangat tinggi dan telah membudaya di Jawa Timur serta dapat digunakan sebagai alat pemersatu sehingga dapat  dijadikan slogan : TIADA HARI TANPA MENANAM POHON”.
Terbentuknya kondisi masyarakat seperti ini tidak dapat dipisahkan dengan peran serta seluruh aparat yang terkait di seluruh Jawa Timur, dengan budaya menanam ini mengajak kita semua agar dapat melestarikan budaya menanam demi terwujudnya Jawa Timur Ijo Royo-Royo.
      Dukungan dari Gubernur, Bupati/Walikota beserta DPRD untuk mengerahkan potensi BUMN/BUMD/BUMS, Perguruan Tinggi, Sekolah, Pramuka, LSM dan organisasi-organisasi wanita seperti Dharma Wanita, PKK dsb sangat berperan dalam mendukung keberhasilan gerakan penanaman pohon di Jawa Timur.  Sehingga pantaslah Jawa Timur meraih gelar Juara 1 kembali OBIT 2011, Selamat.

 




  Untitled Document

Copyright © 2010 .   - DINAS KEHUTANAN | Provinsi Jawa Timur -   All Right Reserved
Powered by : Magnamedia