BERITA

TALKSHOW “HUTAN RAKYAT, PENOPANG KEHIDUPAN MASYARAKAT PEDESAAN” DI RADIO SUARA SURABAYA 100 FM

Sidoarjo - 18 Oktober 2018, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Radio Suara Surabaya 100 FM dalam kegiatan talkshow yang bertemakan “Hutan Rakyat, Penopang Kehidupan Masyarakat Pedesaan”. Talkshow ini dilangsungkan secara on-air pada hari kamis tanggal 18 Oktober 2018 pukul 07.00-08.00 WIB. Terdapat tiga narasumber pada talkshow yang dipandu oleh penyiar M Iman Dwihartanto ini, yaitu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ibu Ir. Dewi J. Putriatni, M.Sc, Ketua Kelompok Pengelola Hutan Rakyat (KPHR) Alam Makmur, Bapak Jais dari Desa Rejosari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, dan General Manajer PT. Sukses Mitra Sejahtera (SMS), Bapak Lutfy Jauhari dari Desa Krandang, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri.

Maksud dan tujuan talkshow ini adalah untuk memberikan informasi kepada khalayak umum bahwa Hutan Rakyat di Jawa Timur memiliki potensi yang sangat besar dan memiliki manfaat yang luar biasa terutama dalam menopang kehidupan masyarakat pedesaan di sekitarnya.

Pada talkshow ini, Ibu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur memaparkan kontribusi pemerintah dalam pembangunan hutan di Jawa Timur khususnya kawasan hutan rakyat dan peran yang sangat penting hutan rakyat dalam menopang kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Hutan rakyat, yang notabene merupakan hutan yang tumbuh di atas tanah yang dibebani hak milik dan dikelola langsung oleh rakyat, di Jawa Timur memiliki total luasan sebesar 1.997.167,56 Ha atau setara dengan 13,71% luasan Provinsi Jawa Timur. Angka tersebut tentunya menunjukkan potensi yang besar pada Hutan Rakyat di Jawa Timur. Peran pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat besar dalam pengembangan Hutan Rakyat, mulai dari Pembentukan Kelompok Pengelola Hutan Rakyat (KPHR), fasilitasi sertifikasi, pelatihan, pemberian bantuan berupa alat penunjang produksi maupun modal, hingga bantuan pengembangan tanaman di bawah tegakan.

KPHR Alam Makmur selaku perwakilan petani hutan rakyat yang telah sukses, menyampaikan bahwa kelompok tani sudah merasakan manfaat yang besar dari bantuan pemerintah dalam pengembangan usaha budidaya hutan rakyat antara lain manfaat ekonomi yaitu dengan peningkatan pendapatan dari anggota kelompok, hingga manfaat secara ekologis sehingga mereka mendapatkan penghargaan Kampung Proklim dari kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

PT. Sukses Mitra Sejahtera (SMS) selaku Pelaku Industri Primer Hasil Hutan Kayu juga mendapatkan manfaat dari program pengembangan hutan rakyat di Jawa Timur. Dengan makin berkembangnya usaha budidaya kayu hutan rakyat di Jawa Timur, perusahaan/industri kayu semakin mudah memperoleh bahan baku berupa kayu. Manfaat ekonomi hutan rakyat yang diperoleh petani dari pemanenan kayu umumnya tinggi. Permintaan kayu melebihi pasokan sehingga kayu mudah dipasarkan dengan harga tinggi, terutama jenis Sengon.

Talkshow berjalan cukup menarik dan mengundang masyarakat untuk turut berinteraksi sehingga memunculkan diskusi selama talkshow berlangsung. Semoga dengan adanya kegiatan talkshow ini dapat membuka wawasan masyarakat dan menggugah minat masyarakat dalam memanfaatkan dan melestarikan  hutan rakyat di Jawa Timur.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda