BERITA

Peninjauan Persemaian Permanen dan panen Raya Jagung

Surabaya,   17 Pebruari 2012

                    PENINJAUAN PERSEMAIAN PERMANEN DAN PANEN RAYA JAGUNG

    Pada tanggal 17 Pebruari 2012  Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur DR Rasiyo, MSi meninjau Persemaian Permanen yang terletak di RPH Simo BKPH Kemlagi KPH Mojokerto.  Persemaian permanen ini ditujukan untuk mendukung kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan karena dengan adanya persemaian permanen diharapkan dapat menghasilkan bibit siap tanam sebanyak 2 juta batang/tahun. 

    Setelah peninjauan dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur kemudian panen raya jagung bersama-sama dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Perum Perhutani Unit II Jawa Timur dan Wakil Bupati Mojokerto.

    Panen raya jagung ini dimaksudkan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional melalui GP3K yaitu Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi.  Dengan luas lahan sekitar 113 ha diperkirakan produksi jagung mencapai 452 ton. Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bersama-sama dengan Perum Perhutani Unit II Jawa Timur berharap dengan panen raya jagung ini dapat meningkatkan cadangan pangan bagi Provinsi Jawa Timur.  Selain itu komoditi jagung saat ini mempunyai prospek yang menjanjikan yaitu dapat digunakan sebagai bahan baku biofuel, limbah tongkol jagung dapat digunakan pembangkit listrik tenaga biomasa dan sebagai bahan bakar untuk memasak (briket). Briket tongkol jagung ini mempunyai daya panas yang tinggi yaitu 1000 C, mudah pembuatannya serta bahan pembuatnya yaitu tongkol jagung mudah didapat.  Jika dibandingkan 1 liter minyak tanah senilai Rp. 7.000,- untuk memasak, briket hanya mengeluarkan Rp. 1.250,- selain itu dengan menggunakan tongkol jagung dapat mengurangi limbah dari jagung.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda