BERITA

PERINGATAN HARI MENANAM POHON INDONESIA (HMPI) DAN BULAN MENANAM NASIONAL (BMN) TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2018

Pada Kamis, 6 Desember 2018, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Kampus III UIN Maulana Malik Ibrahim, Kota Batu. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur beserta jajarannya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Walikota Batu, Forkopimda Batu, Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Perguruan Tinggi Jawa Timur, BKOW Jawa Timur, Muslimat NU Jawa Timur, Aisyiyah Jawa Timur, Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang, Perwakilan Kelompok Tani (KT Sumber Harapan Mulya) dan Komunitas Pecinta Lingkungan Hidup Jawa Timur.

 

 

Dalam kesempatan ini, Bapak Wagub menyampaikan bahwa menanam pohon saja belum cukup untuk tujuan besar melakukan pemulihan kondisi lahan atau hutan secara lebih luas, yaitu dalam sebuah satuan ekosistem Daerah Aliran Sungai atau DAS.  Yang perlu segera dipulihkan adalah fungsi hidrologi DAS agar kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana serta peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat. Mengembalikan kondisi vegetasi adalah bagian dari tindakan menyeluruh yang diperlukan. Oleh sebab itu, mulai tahun 2018 dan selanjutnya, yang akan kita peringati adalah Pemulihan DAS. 

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional pada tahun 2018 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini HMPI dilebur, disatukan dengan pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GN PDAS). Pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan DAS (GN PDAS) tahun ini mengambil tema “DAS Sehat, Sejahterakan Rakyat”. Perubahan simbolisasi dari Peringatan HMPI dan BMN menjadi GN PDAS harus dimaknai sebagai momentum untuk menempatkan betapa pentingnya dan mendesaknya pemulihan DAS sebagai sebuah bentang alam,  dan kegiatan penanaman pohon sebagai salah satu strategi yang tidak berdiri-sendiri dalam pemulihan DAS.
 
Bapak Wagub menyampaikan harapannya supaya berbagai program pengelolaan sumberdaya alam dapat dilaksanakan dengan pendekatan yang lebih holistik dalam konteks DAS, serta dapat diinternalisasikan ke dalam tata ruang, sehingga harmonisasi program dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan dampak dan manfaat. Secara langsung, kita jadikan tata ruang sebagai instrumen berdayaguna dalam mendorong terjadinya koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi program.
   
Rangkaian acara Peringatan HMPI dan BMN Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 juga meliputi Deklarasi Green Campus Se-Jawa Timur dalam rangka Gerakan Pemulihan DAS, penyerahan bibit secara simbolis dari Bapak Wagub kepada peserta, Peresmian Bio Techno Park  UIN Maulana Malik Ibrahim sekaligus penandatangan Prasasti, serta pembagian bibit gratis kepada para peserta.
 
Peringatan HMPI dan BMN Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 ini diakhiri dengan Penanaman pohon bersama oleh Bapak Wagub, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Walikota Batu, Forkompida Kota Batu serta mahasiswa UIN Maulana Malik Ibarahim. Bapak Wagub menanam pohon Bisbul yang dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Pemulihan DAS Jawa Timur.
 
Semoga setelah Peringatan ini seluruh stakeholders dapat meningkatkan komitmen dan kerjasama yang baik dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat (trw).

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda