BERITA

BIDANG PLANOLOGI KEHUTANAN ADAKAN RAPAT INVENTARISASI POTENSI HUTAN

KAMIS,13 Desember 2018, Bidang Planologi Kehutanan mengadakan kegiatan Rapat Inventarisasi Potensi Hutan di Ruang Rapat Tectona Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. Maksud diadakannya kegiatan rapat ini adalah untuk menyusun Potensi Hutan Rakyat Provinsi Jawa Timur tahun 2018 yang akan disajikan kedalam buku Inventarisasi Potensi Hutan Rakyat dan Peta Persebaran Hutan rakyat di Jawa Timur.

Kegiatan Inventarisasi Potensi Hutan dikhususkan pada Inventarisasi Hutan Rakyat yang telah dilaksanakan sejak bulan Juli tahun 2018. Kegiatan inventarisasi potensi hutan ini didahului dengan pembuatan Peta Indikasi Keberadaan Hutan Rakyat di Jawa Timur melalui analisa citra satelit yang kemudian dilakukan proses groundcheck dan pengambilan data penunjang oleh petugas lapangan di masing-masing Kabupaten/Kota yang berasal dari UPT PHW I-IX dan Wilayah Kerjanya. Mekanisme pengambilan sampel data dan pengumpulan data potensi hutan rakyat dilakukan berdasarka SOP Inventarisasi Potensi Hutan Rakyat yang telah ditetapkan oleh Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan rapat ini bertujuan antara lain untuk melakukan Rekonsiliasi data hasil Inventarisasi hutan rakyat, Menghimpun permasalahan inventarisasi hutan rakyat, Mencari solusi atas permasalahan yang ada, Menghimpun bahan penyempurnaan SOP Inventarisasi Hutan Rakyat tahun mendatang. Kegiatan rapat ini dihadiri oleh seluruh perwakilan petugas lapangan yang berasal dari UPT PHW I-IX dan Wilayah Kerjanya serta stakeholder terkait lainnya. Moment ini juga bertujuan sebagai tahapan evaluasi pelaksanaan kegiatan dengan harapan menemukan hasil refleksi dan perbaikan untuk kegiatan yang sama ditahun yang akan datang.

Kegiatan Rapat Inventarisasi Potensi Hutan ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Harapan terbesar Bidang Planologi Kehutanan pada output kegiatan ini adalah untuk menjadi referensi rintisan bagi metode inventarisasi potensi hutan rakyat dan dapat dijadikan tolak ukur bagi pelaksanaan kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda