BERITA

Aksi Penanaman Konservasi Sumber Air dalam Rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021 se-Kabupaten Pacitan

Memenuhi undangan Bupati Pacitan, Bapak Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dr.Ir Jumadi., M.MT hadir dan ikut serta pada acara Penanaman dalam acara Penanaman Konservasi Sumber Mata Air yang dilaksakan pada Rabu, 8 Desember 2021. Kegiatan yang berlokasi di Desa Sempu, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan ini diselenggarakan oleh Pemkab Pacitan sebagai puncak peringatan Hari Menanam Pohon. Sebanyak total lebih dari dua puluh ribu batang bibit tanaman disediakan untuk penanaman terdiri 18.100 bibit kayu 2.500 bibit tanaman produktif.

Dalam kesempatannya Bapak Kadishut menyampaikan sambutan berupa apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada banyak pihak yang telah mendukung terselenggarannya acara ini. Antara lain kepada pemerintah kabupaten selaku penyelenggara, kepada stakeholder pengusaha industri kayu, hingga kepada seluruh masyarakat yang secara kolaboratif telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Bapak Kadishut juga berpesan kepada ASN CDK Wilayah Pacitan khususnya para penyuluh kehutanan agar senantiasa mendukung pelaksanaan kegiatan pelestarian hutan terutama dengan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Melibatkan berbagai sektor serta lapisan masyarakat mulai dari pemerintah setempat dan dinas terkait, BPDASHL, kelompok masyarakat, pelajar hingga sektor swasta. Berada di kawasan bukit dengan ketinggian 580 mdpl semua yang terlibat menunjukkan aksi positif penuh semangat untuk menaman. Pada kegiatan ini juga terlaksana penyerahan Bantuan Alat-Alat Produktif kepada sejumlah Kelompok Tani Hutan Binaan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, diserahkan secara simbolis oleh Bupati sebagai bentuk dukungan fasilitasi usaha KTH penerima manfaat kegiatan APBD Provinsi Jawa Timur.

Terlaksananya rangkaian kegiatan tersebut sebagai upaya pemulihan ekosistem guna mempertahankan ketersediaan air di musim kemarau. Dengan harapan, aksi nyata ini menstimulasi masyarakat untuk selalu melakukan gerakan melestarikan hutan, meningkatkan produktivitas lahan, kesejahteraan masyarakat dan menyebarkan kebaikan peduli kepada alam.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda