BERITA

Kunjungan kerja Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dalam rangka high level meeting (HLM) dengan tema “Hutan Kita”

Mojokerto – 7 Juli 2022

Kegiatan kunjungan kerja Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bertempat di Kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan dalam rangka high level meeting (HLM) dengan tema “Hutan Kita”. Hadir dalam kegiatan HLM tersebut yaitu Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto dan OPD terkait.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Satya Bina Karya Pemerintah Kabupaten Mojokerto tersebut, diawali dengan sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto dan sambutan Bupati Mojokerto. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, KKPH Jombang Perum Perhutani, KKPH Pasuruan Perum Perhutani, KKPH Mojokerto Perum Perhutani. Di akhir acara terdapat penyampaian cinderamata oleh Bupati Mojokerto dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Dr. Ir. Jumadi, M.MT, memaparkan peta wilayah hutan, baik yang masuk dalam Taman Hutan Raya (Tahura) atau pun Perhutani di wilayah administratif Kabupaten Mojokerto. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Mojokerto terdapat kelembagaan masyarakat desa hutan, yakni 80 kelompok tani hutan yang tersebar di 9 kecamatan. Sementara ada 64 Lembaga Masyarakat Desa hutan (LMDH), selain itu juga terdapat empat kelompok perhutanan sosial di dua kecamatan, yakni Pacet dan Trawas.

Dilanjutkan sejumlah usulan rencana kerjasama yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang akan diperbaiki untuk mempererat hubungan kerja antara Dinas kehutanan Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Usulan-usulan tersebut disambut baik oleh Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Mojokerto tengah berproses dalam meningkatkan produktifitas masyarakat kabupaten Mojokerto. Tidak sedikit masyarakat Kabupaten Mojokerto yang sehari-harinya bergantung pada hutan. Bupati Mojokerto menambahkan bahwa hutan-hutan di Kabupaten Mojokerto memiliki daya taik yang luar biasa dan bisa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Mojokerto. Di sisi lain, sebagai manusia juga memiliki tanggungjawab untuk menjaga kelestarian hutan. Bupati Ikfina berharap, dari pertemuan ini kerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bisa segera terealisasi.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda