BERITA

PEKAN NASIONAL TAHUN 2014

                               PERAN SERTA DINAS KEHUTANAN PROVINSI JAWA TIMUR
                                                     PADA PELAKSANAAN KEGIATAN
                       “ PEKAN NASIONAL (PENAS) XIV PETANI NELAYAN TAHUN 2014 “
                                               DI KEPANJEN, KABUPATEN MALANG

Malang,  Juni 2014

Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan diadakan dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian petani nelayan dan petani hutan dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Kegiatan ini merupakan pertemuan kontak tani nelayan yang digagas oleh para tokoh tani nelayan sejak tahun 1971. Melalui PENAS tersebut petani nelayan dan petani hutan berkesempatan untuk saling mengisi dalam upaya memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani nelayan.
PENAS Petani Nelayan XIV Tahun 2014 digelar di Kepanjen, Malang, Jawa Timur dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI pada tanggal 7 Juni 2014. Pada acara pembukaan tersebut turut hadir Menteri Pertanian RI, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Menteri Kehutanan RI, Mensesneg RI, Sekretaris Kabinet, beberapa Duta Besar dari negara lain, Petani ASEAN dan Jepang, Gubernur Jawa Timur dan beberapa Gubernur dari Provinsi lain, Bupati Malang dan beberapa Bupati/Walikota dari daerah lain, serta para petani-nelayan ± 35.000 ribu orang.
Berdasarkan SK Gubernur Jawa Timur Nomor : 188/839/KPTS/013/2013 tanggal 6 Desember 2013 tentang Panitia Pelaksana Pekan Nasional Petani Nelayan XIV Tahun 2014 Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur ditunjuk sebagai Ketua di Seksi Expo Agroforestry Bidang Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis dan sebagai Ketua di Seksi Karya Agroforestry Lestari Bidang Pengembangan Wirausaha Petani Nelayan dan Kesadaran Lingkungan. Adapun kegiatannya adalah sebagai berikut :
A.    Seksi Expo Agroforestry.
Expo Agroforestry diisi dengan kegiatan pameran pembangunan bidang kehutanan, ini merupakan  salah satu tugas pokok Bidang Planologi Kehutanan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. Pameran pembangunan bidang kehutanan dilaksanakan sejak tanggal 7 s/d 12 Juni 2014, stand pameran berada di lokasi Pavilun Provinsi Jawa Timur menempati stand nomor 10.
Adapun materi yang dipamerkan pada PENAS XIV Petani Nelayan Tahun 2014 di Malang antara lain :
Mesin Chooper untuk pakan ternak, Umbi Porang dan Bahan Olahan Porang, Madu produk Kelompok Tani Tahura  binaan Tahura R.Soerjo dan Perum Perhutani Divre Jawa Timur dan produk olahan bahan pangan oleh Mitra Usaha dimana bahan  bakunya diambil dari kawasan hutan antara lain : My Koki berupa olahan lidah buaya, aneka kerupuk ikan dan kerupuk udang yang diproduksi oleh Kelompok Tani Gunung Anyar Surabaya dan produk olahan dari mangrove yang merupakan hasil produksi dari Griya Karya Tiara Kusuma, Jl. Wisma Kedung Asem Indah J/28 Surabaya.
B.    Seksi Karya Agroforestry Lestari.
Karya Agroforestry Lestari diisi dengan kegiatan penanaman pohon pelindung/tanaman kehutanan, empon-empon dan penebaran benih ikan di lokasi Waduk Karangkates, Desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten  Malang  seluas 4 hektar,  bekerjasama
dengan BPDAS Brantas, Dinas Kehutanan Kabupaten Malang, KPH Malang, KPH Blitar, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang serta Perum Jasa Tirta I.
Pelaksanaan kegiatan penanaman pohon pelindung dan empon-empon sudah dilaksanakan dari tanggal 7 – 8 Juni 2014 oleh BPDAS Brantas, KPH Blitar dan KPH Malang, sedangkan acara seremonial penanaman dan tabur benih ikan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2014. Pada acara seremonial penanaman pohon pelindung dan tabur benih ikan dihadiri oleh Ketua KTNA Pusat, Perwakilan dari Kementerian Pertanian yaitu HPHA dan APKINDO, Perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Kepala BPDAS Brantas, Dinas Kehutanan Kabupaten Malang,  Camat Sumber Pucung, Adm KPH Malang, Adm KPH Blitar Perwakilan dari Perum Jasa Tirta I, Perwakilan KTNA dari beberapa Provinsi serta Pejabat Eselon III dan IV serta staf dari berbagai instansi.,


 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda