BERITA

PERINGATAN HARI BHAKTI RIMBAWAN KE 34 TAHUN 2017 “KIPRAH RIMBAWAN UNTUK MEMELIHARA BUMI”

 Surabaya, 21 Maret 2017

           Puncak peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke 34 Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jawa Timur dilaksanakan dengan Upacara Bendera pada hari Selasa, Tanggal 21 Maret 2017 di lapangan upacara Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Bapak Indra Wiragana, SH yang bertindak selaku Inspektur Upacara. Peserta upacara yang hadir berasal dari karyawan/karyawati lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, wakil UPT Pengelolaan Hutan Wilayah I sd IX Jawa Timur, wakil UPT Kementerian LHK di Jawa Timur, wakil Perum Perhutani Divre Jawa Timur dan wakil Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

          Tema hari Bhakti Rimbawan Tahun 2017 adalah “ Dengan Semangat Kerja Nyata, Rimbawan Indonesia Bertekad Menjaga Kelestarian Hutan Untuk Meningkatkan Pembangunan Lingkungan Hidup Yang Berkelanjutan”.  Tema ini dapat dijadikan penyemangat para rimbawan untuk terus berkiprah dalam bakti kepada Negara dan Bangsa melalu pelaksanaan tugas di instansi masing-masing.

Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Tingkat Provinsi Jawa Timur diisi berbagai rangkaian kegiatan diantaranya adalah :Pemasangan umbul-umbul dan spanduk dalam rangka memeriahkan peringatan hari Bhakti Rimbawan Tingkat Provinsi Jawa Timur ke 34 Tahun 2017, Senam bersama pada hari Jumat tanggal 10 Maret 2017 yang diikuti oleh karyawan/karyawati Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, UPT Kementerian LHK di Jawa Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Lomba Bolla Volley (campuran) antara Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, UPT Kementerian LHK di Jawa Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur,Bakti sosial berupa donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia, Penanaman bersama di halaman depan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekretaris, Kepala Bidang dan UPT Lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, wakil  BBKSDA, Kepala BP DAS dan HL Brantas Sampean serta wakil Perlindungan dan Penegakan Hukum Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Adapun jenis tanaman yang ditanam adalah kepuh, juwet, sawo kecik dan sawo manila, dan Upacara Bendera sebagai Puncak Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke 34 Tahun 2017 dilanjutkan dengan penyerahan piala dan hadiah kepada pemenang lomba Bola Volley campuran.

Adapun pemenang lomba bolla volley adalah sebagai berikut :

-      Juara 1              : BP DAS HL Brantas Sampean

-      Juara 2              : Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum

                              Jawa Bali, Nusa Tenggara

-      Juara 3              : Dinas LH Provinsi Jawa Timur

-      Juara Harapan 1 : Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur

-      Juara Harapan 2 : BBKSDA Jawa Timur

          Dalam sambutan Menteri LHK yang dibacakan oleh Bapak Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur disampaikan bahwa secara nyata, kebijakan dan langkah dalam bidang kehutanan dan lingkungan hidup sangat diperlukan dalam rangka kesiagaan energi, air, pangan  dan  kesejahteraan  masyarakat. Dalam  mewujudkan  kesiagaan ini, ada peran hutan dan ekosistem yang sangat penting, ada masyarakat, ada peran sosial dalam pengaturan fungsi alam, dan  ada  peran  politik  kesejahteraan di dalamnya yang harus disadari para rimbawan.  Selain itu ada beberapa  permasalahan perlu disikapi dengan langkah-langkah pengendalian secara nyata, yang terkait kehutanan. Dalam hal konservasi, diperlukan penyesuaian kerjasama dan kebijakan pengendalian terhadap kawasan konservasi yang merupakan benteng terakhir dari perlindungan kawasan hutan.

          Momentum hari rimbawan semestinya menjadi titik balik kepedulian kita akan pelestarian hutan. Mau tidak mau, sebenarnya kita telah bersentuhan dengan manfaat hutan, baik langsung maupun tidak langsung. Maka, marilah kita jaga, supaya hutan kita tetap terjaga, lestari dan memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat Indonesia.

 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda