BERITA

5 Kategori Lomba Wanalestari Tahun 2017 dari Jatim Menjadi Finalis di Tingkat Nasional

Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jatim Menyambut Tim Penilai Pusat

Oleh : M. Nursyamsi Ahadiyanto, S.Hut

Pada Lomba Wanalestari Tahun 2017 tingkat Nasional, Jawa Timur melalui Dinas Kehutanan Jawa Timur mengirimkan peserta terbaiknya di masing-masing kategori. Ada 5 Kategori yang diikutkan lomba wanalestari tingkat Nasional. 3 Kategori lingkup BP2DM yaitu Penyuluh Kehutanan PNS, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), dan Kelompok Tani Hutan (KTH), sedangkan untuk lingkup Ditjen PSKL ada 2 kategori yaitu Kader Konservasi Alam (KKA) dan Kelompok Pecinta Alam (KPA).

Berpedoman pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.43/Menlhk/Setjen/Kum.1/5/2016 tanggal 2 Mei 2016 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Lomba dan Pemberian Apresiasi Wana Lestari, bahwa Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan penilaian Lomba Wana Lestari Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jawa Timur pada tanggal 20 Mei sampai dengan 9 Juni 2017. Sehingga ditetapkan Juara I tingkat Provinsi Jawa Timur dan dikirimkan untuk mengikuti lomba wanalestari di tingkat Nasional. Adapun Nama masing-masing kategori adalah sebagai berikut :

  1. Kategori Penyuluh Kehutanan : Sdr. Hery Pramudya Wijaya, S. Hut dari UPT Pengelolaan Hutan Wilayah II, di Wilayah Kerja Kabupaten Ponorogo;
  2. Kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) : Sdr. Nanang Adi Wijaya SE dari Kabupaten Ponorogo;
  3. Kategori Kelompok Tani Hutan (KTH) : KTH Margo Mulyo dari Kabupaten  Lumajang.
  4. Kelompok Pecinta Alam (KPA): Remaja SMAN I Pamekasan Cinta Alam (RESACITA);
  5. Kategori Kategori Kader Konservasi Alam (KKA) : Sdr. Suhariyono, S.AP. dari Kabupaten  Lumajang.

Setelah melalui tahap seleksi administrasi secara on line yang dibatasi sampai tanggal 4 Juli 2017 jam 24.00. Kelima kategori dari Jawa Timur Lolos seleksi administrasi. Jawa Timur menjadi Provinsi satu-satunya yang semua kategori lolos menjadi Finalis Lomba Wanalestari Tingkat Nasional Tahun 2017 setelah 5 kategori dipastikan dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai Pusat pada tanggal 12 sampai dengan 14 Juli 2017. Selanjutnya mari kita tunggu, apakah Jatim menjadi Juara Umum Kembali seperti di tahun 2015? Semoga hasil yang terbaik yang diraih, sehingga semua kategori menjadi Juara I Nasional dan diundang menghadiri HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara.

#PK Jatim Bisa, Menjadi Teladan Indonesia!

By Cak Syamsi.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda