BERITA

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 2017

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur mengadakan Lomba Karya Tulis llmiah (LKTI) dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kelestarian hutan serta perannya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur, serta dalam rangka Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dan Hari Bhakti Rimbawan.

Maksud diadakannya Lomba Karya Tulis ini adalah memberikan apresiasi dan menggerakkan semua lapisan masyarakat umum serta masyarakat di lingkungan sekolah/kampus, bahwa upaya pengelolaan hutan lestari untuk kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur menjadi tanggung jawab bersama oleh seluruh komponen masyarakat.

Lomba Karya Tulis dibagi menjadi 3 kategori peserta dengan tema :

  1. Kategori Pelajar SMA/Sederajat : "Peran pelajar dalam mendukung pengelolaan hutan lestari untuk kesejahteraan masyarakat".
  2. Kategori Mahasiswa : "Peran mahasiswa dalam mendukung pengelolaan hutan lestari untuk kesejahteraan masyarakat".
  3. Kategori Masyarakat Umum : "Peran masyarakat dalam mendukung pengelolaan hutan lestari untuk kesejahteraan masyarakat".

Disediakan hadiah uang pembinaan bagi masing-masing kategori, untuk Juara l, ll, Ill, Harapan l, Harapan ll dan Harapan lll secara berurutan sebesar Rp 5.000.000,-, Rp 4.000.000,-, Rp 3.500.000,- Rp 2.500.000,-, Rp 2.250.000,- dan Rp 1.750.000,- (Total hadiah Rp 57.000.000,-). Juara l, ll dan lll juga akan diberikan Trophy.

Berdasarkan hasil penilaian terhadap administrasi dan materi karya tulis, diperoleh 6 kelompok finalis dari masing-masing kategori (Jumlah ada 18 finalis). Setelah melalui proses presentasi dan penilaian oleh dewan juri didapatkanlah Juara pada masing-masing kategori.

Adapun Juara I pada tiap kategori sebagai berikut:

  • Pemenang Juara I Kategori Pelajar SMA/Sederajat diraih oleh Moh. Syahrul Irfan Fahmi, dkk (SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang) dengan karya tulis yang berjudul Sustainable Forest Tourism : Solusi Pengelolaan Berkelanjutan Gunung Wilis, Ponorogo Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Kehutanan.
  • Pemenang Juara I Kategori Mahasiswa diraih oleh Robiatul Hadawiyah (Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang) dengan karya tulis yang berjudul N-We Tour (New West Education and Tourism) : Save Bird Nest for the Future Life of Raden Soerjo Greater Forest Park.
  • Pemenang Juara I Kategori Masyarakat Umum diraih oleh Nurhadi (Jember) dengan karya tulis yang berjudul Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Zona Rehabilitasi Menuju Tercapainya Kelestarian TN. Meru Betiri dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendekatan Manajemen Kolaborasi.

Penyerahan hadiah dan penghargaan kepada setiap pemenang pada masing-masing kategori dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 oktober 2017 di Gedung Grahadi Surabaya. Hadiah dan penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Bapak Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum kepada setiap pemenang LKTI 2017.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda