BERITA

WORKSHOP DINAMIKA PENGGUNAAN KAWASAN HUTAN DI LUAR SEKTOR KEHUTANAN

Surabaya, 27 Maret 2018

Kawasan hutan merupakan sumber daya alam bagi kepentingan pembangunan sektor kehutanan dan di luar sektor kehutanan.  Pemanfaatan kawasan hutan ditujukan bagi kepentingan pembangunan sektor kehutanan, sedangkan penggunaan kawasan hutan ditujukan bagi pembangunan sektor di luar kehutanan.  Penggunaan kawasan hutan untuk sektor non kehutanan dapat dilaksanakan melalui mekanisme Tukar Menukar Kawasan Hutan (TMKH) atau Pinjam Pakai Kawasan Hutan (PPKH).

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur pada hari Selasa, tanggal 27 Maret 2018 menyelenggarakan Workshop Dinamika Penggunaan Kawasan Hutan Di Luar Sektor Kehutanan yang dibuka oleh Ibu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dengan mengundang peserta dari Bappeda Kabupaten, Jasa Marga Kabupaten, Perum Perhutani Divre Jawa Timur, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) se Jawa Timur dan wakil dari Bidang/UPT Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Ada 3 (tiga) narasumber yang diundang pada workshop kali ini yaitu :

  1. Manajemen Hutan, Fakultas Pertanian, Unibraw Malang dengan judul Kepentingan stakeholder Pengguna Kawasan Hutan Dalam mempengaruhi Diamika dan NSDH di Jawa Timur
  2. Direktorat Rencana, Penggunaan dan Pembentukkan Wilayah Pengelolaan Hutan dengan judul Penggunaan Kawasan Hutan Di provinsi Jawa Timur
  3. BPKH Wilayah XI Yogyakarta denga judul Dinamika Pelaksanaan Tata Batas Areal Penggunaan Kawasan Hutan

Semoga Workshop Dinamika Penggunaan Kawasan Hutan Di Luar Sektor Kehutanan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.  Perlu dukungan pemantauan dan evaluasi yang optimal serta intensifnya fungsi koordinasi dan pemantauan penggunaan kawasan hutan yang dapat menjadi salah satu kunci untuk mengatasi permasalahan implementasi kebijakan tukar menukar kawasan hutan maupun pinjam pakai kawasan hutan.    

 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda