BERITA

Pembinaan Pegawai Oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang

25 Agustus 2021, tepat hari kedua puluh tiga semenjak Bpk. Dr. Ir. Jumadi, M.MT. menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Kantor Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang dalam rangka pembinaan pegawai. Kepala CDK Wilayah Malang Sapto Yuwono, S.Hut., M.M. menyajikan paparan terkait kemajuan pembangunan kehutanan di wilayah kerjanya. Beberapa arahan disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, khususnya menyangkut ketepatan waktu dalam pelaksanaan program dan kegiatan serta pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) sebagai “wajah” optimalnya kinerja perangkat daerah.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur juga menyampaikan pentingnya membuat sebuah instrument sederhana yang praktis dan tentunya aplikatif sesuai kondisi wilayah kerja sebagai alat bantu penyelesaian pekerjaan secara efektif dan efisien. Sehingga rekan-rekan pegawai CDK Wilayah Malang memiliki “time saving” untuk beraktivitas baik secara sosial maupun pribadi (keluarga). Disamping itu, Bpk. Dr. Ir. Jumadi, M.MT. juga menekankan untuk menciptakan suasana ruang kerja yang nyaman, hal-hal kecil perlu ditata sedemikian rupa, sehingga meski ruangannya biasa saja namun nyaman. Penambahan ornamen bunga beraroma merupakan hal kecil yang dapat meningkatkan kenyamanan dalam berkerja serta memberikan sumbangsih perputaran roda perekonomian secara nyata.

Alhamdulillah tahun ini CDK Wilayah Malang dapat berpartisipasi secara langsung dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Timur dengan mengusung “Si Mas Hasan”, Sistem Informasi Pemasaran Hasil Hutan (informasi lebih lanjut dapat diakses pada laman: https://cdkmalang.dishut.jatimprov.go.id/ atau chanel youtube: https://www.youtube.com/watch?v=d9r_GDGxrFQ&t=10s ) yang telah diimplementasikan sejak Tahun 2019. Bapak Kadishut menekankan bahwa sebuah inovasi harus memberikan ukuran yang nyata antara sebelum dan sesudah penerapannya. Perekaman dan penyajian data/informasi dinamika tersebut dapat menjadi tolok ukur kebutuhan inovasi bagi sasaran atau masyarakat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur juga memberikan apresiasi kepada Ibu Sri Asih, S.P., M.P., dan KTH Panderman yang telah menjadi Pemenang Terbaik Pertama Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2021 Kategori Penyuluh Kehutanan PNS dan Kelompok Tani Hutan (KTH). Diharapkan proses pembinaan KTH tersebut dapat menjadi benchmark penyuluhan kehutanan serta pembinaan masyarakat yang secara nyata menunjukkan keberhasilan pembangunan kehutanan dari sisi ekonomi dan konservasi.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda