BERITA

Audiensi Bapak Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dengan DPP PLMDH Jawa Timur

Bapak Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Jum’at, 27 Agustus 2021 siang berkenan menemui Perwakilan Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (PLMDH) Jawa Timur di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut, Perwakilan PLMDH menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :
1.    Perkembangan kegiatan dan usaha produktif yang telah dilaksanakan oleh masyarakat desa hutan dalam memanfaatkan lahan hutan Perum Perhutani. Usaha-usaha produktif kelompok  dalam memanfaatkan kawasan hutan antara lain baik berupa usaha agroforestry, usaha silvopastura, silvofishery maupun  usaha ekowisata.
2.    Perkembangan Perhutanan Sosial di Jawa Timur.
3.    Selama ini antara LMDH dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur telah terbangun sinergi.

Maka dalam rangka membentuk kelompok yang mandiri dan berdaya saing disampaikan harapan ke depannya tetap terjalin kolaborasi dan dukungan kepada masyarakat desa hutan dalam hal peningkatan kapasitas kelembagaan maupun kapasitas usaha kelompok masyarakat desa hutan bukan hanya melalui Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur melainkan ada keterlibatan OPD lainnya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung pemberdayaan masyarakat desa hutan.
Melalui melalui pertemuan ini diharapkan tetap terjalin sinergi dan dapat tercipta supporting bagi kelompok masyarakat desa hutan untuk ikut mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Timur inklusif dan bisa menjadi bagian penting bagi penyelesaian masalah pembangunan yang berkelanjutan dan mendukung Green Economy dan Blue Economy.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda