BERITA

Panen Perdana JUN di Kabupaten Magetan

Magetan, 17 April 2012

           PANEN PERDANA JATI UNGGUL NUSANTARA (JUN) POLA BAGI HASIL UMUR 5 TAHUN
                                   DI DESA SUMUR SONGO, KEC KARAS, KABUPATEN MAGETAN


         Panen raya Jati Unggul Nusantara (JUN) yang dipusatkan di Desa Sumur Songo, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan pada hari Senin tanggal 16 April 2012 dengan dihadiri oleh Menteri Kehutanan RI dan didampingi Pejabat Kementerian Kehutanan, Bupati Magetan serta Pejabat dari Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Magetan.
         Dalam sambutannya, Menteri Kehutanan RI menyampaikan bahwa panen dan pemanfaatan jati berumur 5 tahun ini merupakan pertama kali terjadi di Indonesia karena selama ini jati memiliki masa tanam 30 - 40 tahun, hal ini merupakan kemajuan untuk itu kualitas bibit jati unggul akan terus diperbaiki.  JUN yang ditanam merupakan kerjasama UBH-KPWN dengan UGM dimana 4 (empat) pohon JUN dalam jangka waktu 5 tahun menghasilkan 1 kubik.  Selain itu diharapkan kegiatan penanaman JUN dengan pola bagi hasil ini dapat meningkatkan perekonomian di wilayah pedesaan.
          Jati Unggul Nusantara yang ditanam sejak tahun 2007 sebanyak 947.147 pohon telah melibatkan petani penggarap sebanyak 4.028 KK, Pemilik Lahan sebanyak 2.657 KK yang tersebar di 179 desa, 10 kabupaten dan 4 Provinsi  dengan dana yang terkumpul dari investor sebesar 63 Milyar.
          Sedangkan untuk Kabupaten Magetan, telah ditanam JUN sebanyak 246.293 pohon dengan melibatkan Petani Penggarap sebanyak 1.200 KK, Pemilik Lahan sebanyak 1.200 KK dengan nilai investasi yang telah ditanam di Kabupaten Magetan sebanyak 15,9 M yang digunakan untuk upah petani penggarap, biaya pengamanan oleh petani dan desa, pembelian bibit, pupuk, obat hama penyakit tanaman, peralatan dan biaya manajemen.
          Pola bagi hasil penanaman JUN adalah : investor 40 %, petani penggarap 25 %, UBH-KPWN 15 %, pemilik lahan 10 % dan Pemerintah Desa 10 %.
          Panen perdana JUN  yang dilakukan di Kabupaten Magetan sebanyak 45.099 pohon dibeli oleh PT Djubah Nusantara di Kab Pasuruan dan diolah menjadi Finger Joint Laminating (FJL) oleh PT Asia Raya Kabupaten Pasuruan.
          Rangkaian acara pada panen perdana JUN ini adalah Temu Wicara antara Menteri Kehutanan RI dengan Petani Penggarap JUN, penyerahan bantuan oleh Menteri Kehutanan RI berupa Chain Saw (Gergaji mesin) dan alat kelengkapan kegiatan penebangan.  Setelah itu dilanjutkan penebangan perdana JUN oleh Menteri Kehutanan RI disaksikan oleh Bupati Magetan.

 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda