BERITA

PERHUTANAN SOSIAL DI JAWA TIMUR TERTINGGI DI INDONESIA

Jawa Timur menempati posisi teratas dalam hal jumlah penerbitan surat keputusan (SK) Program Perhutanan Sosial (PS) yakni sebanyak 348 unit SK atau 54,46 persen dari total capaian di Pulau Jawa. Dari 348 unit SK PS, sebanyak 303 unit merupakan SK Kulin KK (Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan) atau sebesar 32,48 persen dari total capaian SK Kulin KK Nasional.

Kamis,  28 Oktober 2021 bertempat di Wana Wisata Pantai Sowan Tuban Ibu Khofifah Indar Parawansa kembali menyampaikan SK PS kepada 5 perwakilan Kelompok PS. Dalam kesempatan yang sama Gubernur juga juga memberikan Hibah Sarana Prasarana Ekonomi Produktif kepada 14 KTH dan LMDH di Kabupaten Tuban, Bojonegoro dan Lamongan serta Hibah benih porang kepada 4 Kelompok di Kabupaten Lamongan. Gubernur berharap kelompok masyarakat yang menerima bantuan dapat memanfaatkan akses ini untuk meningkatkan perekonomian khususnya di Jawa Timur.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Jatim, Bupati Tuban, Bupati Lamongan, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur, Kadivre Perum Perhutani Jatim dan Sekretaris PW GP Ansor Jatim, Kelompok Tani Hutan (KTH), anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) serta masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal yang diberikan kepada anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Kelompok Tani Hutan (KTH) dan anggota PW GP Ansor Jatim serta masyarakat sekitar.

Dilanjutkan dengan kegiatan penanaman bibit MPTS jenis Alpukat Aligator, Asam, Pulai, Bisbul, Durian, Matoa, Duku, Nangka, dan Sawo serta pelepasliaran burung antara lain kowak malam abu atau kowak malam kelabu (Nyticotirax nyticorax), pecuk-padi kecil (microcarbo niger) dan Ibis putih kepala hitam (threskiornis melanocephalus). Gubernur berharap kita bersama nandur sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan mitigasi global warming.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda