BERITA

"MERACIK KOPI ALA CAFE", DHARMA WANITA PERSATUAN DINAS KEHUTANAN PROVINSI JAWA TIMUR

Sidoarjo 09 November 2021 – Kopi merupakan hidangan yang hampir selalu dinikmati oleh orang Indonesia. Terutama untuk teman nonton bola, teman ngobrol, dan lain sebagainya. Penikmat kopi mulai dari anak muda sampai dengan orang tua. Kopi tak lekang oleh usia, selalu bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Sebagai seorang istri yang punya keluarga terutama suami yang doyan ngopi, harus bisa menyajikan kopi rumahan yang seenak kafe. Sehingga suami bisa betah di rumah menikmati kopi buatan istri tercinta.

Maka dari itu, sebagai realisasi program kerja Bidang Pendidikan Dharma Wanita Persatuan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dengan tema “Meracik Kopi ala Kafe” yang berlangsung di Ruang Tectona, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan pelatihan tersebut, diikuti oleh anggota Dharma Wanita Persatuan di lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, mulai dari Kesekretariatan, Bidang, dan juga UPT. Masing-masing mengirimkan perwakilan sebanyak 2 orang dari kesekretariatan dan Bidang dan 3 orang anggota DWP dari UPT lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan “Meracik Kopi ala Kafe” mendatangkan langsung 2 orang narasumber yang merupakan Barista dan Pemilik Legenda Rumah Kopi. Dimana dalam kegiatan tersebut narsumber memberikan tips dan trik dalam membuat kopi seenak buatan kafe ala rumahan. Dimulai dari pengenalan alat-alat pembuatan kopi, metode Coffee Brewing sampai dengan belajar membuat Latte Art sederhana.

Tak hanya itu, untuk lebih memahami bagaimana meracik kopi ala kafe dilanjutkan dengan sesi praktek yang langsung dipandu oleh ahlinya. Dimana dalam sesi ini, Ibu-Ibu dipersilahkan untuk mempraktekkan langsung bagaimana cara membuat kopi, mulai dari menggiling kopi hingga menyajikan kopi ke dalam cangkir.

Pesan dari narasumber, dalam menyajikan kopi yang enak untuk keluarga kuncinya yaitu, raciklah kopi dengan sepenuh hati, karena dengan hati akan muncul suatu rasa, yaitu rasa cinta.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini, Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur menjadi lebih berdaya dan bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dengan menyajikan kopi ala kafe di rumah untuk keluarga terkasih.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda