BERITA

TERBAIK KATEGORI KE III, DINAS KEHUTANAN PROVINSI JAWA TIMUR DALAM PAMERAN DAN SIMPOSIUM INOVASI PELAYANAN PUBLIK JAWA TIMUR 2021

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kegiatan Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2021 yang mana merupakan rangkaian Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 18-20 November 2021 di Grand City Mall, Jl. Walikota Mustajab No. 1 Surabaya.

Kegiatan inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi pelayanan publik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, dalam meningkatkan produk-produk unggulan di Provinsi Jawa Timur, memberikan layanan di Bidang Kesehatan dengan memberikan vaksin kepada anak yatim, melakukan simulasi dan berbagi pengalaman inovasi pelayanan publik, dan mempresentasikan secara langsung kepada masyarakat tentang pelayanan publik.

Selain pameran, ada juga symposium dengan tema “Ngulik Jatim CETTAR” Ngobrol Urusan Pelayanan Publik. Dalam symposium tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik kemenpan RB bahwa dengan adanya AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan selain dapat membantu pekerjaan lebih efisien, juga bisa turut mengkoreksi anggaran pemerintah dalam pelayanan publik.

Rangkaian acara Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2021 diantaranya yaitu vaksinasi 1000 dosis, perpanjangan SIM dan SKCK, perekaman E-KTP, Pencetakan Akta lahir-KK, dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Semua fasilitas tersebut telah tersedia di tenant-tenant yang ada. Selain mmeberikan pelayanan-pelayanan tersebut, masing-masing tenant dari setiap daerah ini juga memperkenalkan potensi UMKM dan faislitas-fasilitas pelayanan publik yang ada di daerah tersebut.

Sebagai langkah dalam memberikan layanan langsung kepada masyarakat Pemerintah Provinsi Jawa Timur menghadirkan instansi BUMN untuk berpartisipasi memberikan layanan dan menanamkan ilmu masing-masing unit pelayanan publik kepada masyarakat. Salah satunya Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dalam pameran tersebut memberikan beberapa pelayanan, diantaranya yaitu:

  • Konsultasi Perizinan Berusaha Bidang Kehutanan
  • Konsultasi Pembuatan Tanaman Penghijauan
  • Konsultasi Dokumen Anghkutan Hasil Hutan
  • Layanan Sertifikasi Sumber Benih, Benih, dan Bibit Tanaman Hutan
  • Layanan Pendakian Gunung Arjuno Welirang

Setiap orang yang mengunjungi stand Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur akan mendapatkan bibit tabebuya (Chrysotricha). Tabebuya merupakan jenis tanaman yang berasal dari Negara Brasil termasuk jenis pohon besar, dan seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai tanaman Sakura, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura. Pohon tabebuya memiliki kelebihan diantaranya daunnnya tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Di akhir acara, stand Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur mendapakan reward kategori Terbaik ke III Stand dengan Pengunjung Pengguna Layanan Terbanyak Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021. Semoga apresiasi ini bisa menjadikan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur menjadi lebih produktif dan bisa melakukan perubahan terus menerus salah satunya dengan memberikan inovasi-inovasi baru di kemudian hari.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda