BERITA

KEGIATAN MENDAMPINGI IBU GUBERNUR JAWA TIMUR DALAM RANGKA KUNJUNGAN BAPAK WAKIL PRESIDEN RI KE TEMPAT HUNIAN SEMENTARA KORBAN BENCANA ERUPSI GUNUNG SEMERU DESA SUMBERMUJUR, KEC. CANDIPURO, KAB. LUMAJANG

LUMAJANG – JUMAT, 14 JANUARI 2022

Dalam rangka kunjungan Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Ma’ruf Amin ke tempat hunian sementara korban bencana erupsi Gunung Semeru, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. Ir. Jumadi, M.MT., mendampingi Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuju lokasi korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 14 Januari 2022 bertempat di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Bapak Dr. Ir. Jumadi, M.MT, melakukan koordinasi dengan Direktur Jenderal KSDAE KLHK, Wakil Bupati Lumajang, dan Kepala BPKH XI Yogyakarta. Selain koordinasi, dilakukan pula pengecekan lokasi sembari menunggu kedatangan Bapak Ma’ruf Amin.

Berdasarkan data sementara BPBD Lumajang pada Rabu, 15 Desember, kejadian awan panas guguran Gunung Semeru telah menyebabkan 48 warga meninggal dunia, 18 orang luka berat dan 9 orang luka ringan.

Jumlah warga mengungsi sebanyak 10.158 orang dengan jumlah titik pengungsian tersebar di 151 titik di Kabupaten Lumajang baik posko pengungsian mandiri maupun posko yang disediakan pemerintah daerah.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Setwapres, Bapak Ma’ruf Amin akan menemui para pengungsi di tenda-tenda pengungsian yang didirikan oleh Kemensos, BNPB, PMI, TNI/Polri, BPBD Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Selain itu beliau juga akan meninjau posko penanggulangan bencana Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda