BERITA

KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS POLISI KEHUTANAN

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan perlindungan hutan, Dinas kehutanan Provinsi Jawa Timur mengadakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Polisi Kehutanan (POLHUT). Kegiatan peningkatan kapasitas polisi kehutanan diikuti oleh personil polisi kehutanan dari UPT Tahura Raden Soerjo sebanyak 44 orang yang terdiri dari 4 (empat) polhut senior dan 40 polhut yang berasal dari rekrutmen tahun 2022. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 18-19 Mei 2022 bertempat di Objek Wisata Alam Cangar, UPT Tahura R. Soerjo, Kota Batu.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. Ir. Jumadi, M.MT. memimpin upacara pembukaan kegiatan peningkatan kapasitas polisi kehutanan. Upacara pembukaan kegiatan peningkatan polisi kehutanan diikuti oleh seluruh polisi kehutanan secara khidmat. Bapak Dr. Ir. Jumadi, M.MT., berpesan kepada rekan-rekan dan adik-adik polhut agar mengedepankan humanis dalam bekerja.

Sebelum memulai kegiatan, Kepala Bidang KSDHE Ir. Basunando, M.M. dan Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi, S.Hut., berpesan untuk rekan-rekan dan adik-adik polhut agar semangat dalam mengemban amanah untuk menjaga kawasan hutan di Tahura Raden Soerjo. Kegiatan tersebut diisi materi maupun praktek yang mana disampaikan oleh narasumber-narasumber, diantaranya yaitu :

  1. Pusat Pendidikan Korps Brimob Watukosek Jawa Timur
  2. Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XI Yogyakarta
  3. Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur
  4. UPT Tahura Raden Soerjo

Hari pertama diisi dengan kegiatan penyampaian materi dari Pusat Pendidikan Korps Brimob Watukosek Jawa Timur, yaitu teori dasar intilijen dalam rangka pengamanan hutan, pengetahuan dan keahlian dasar search and rescue (SAR), dilanjutkan dengan materi kesamaptaan dan baris berbaris, serta materi dasar-dasar polisi kehutanan yang disampaikan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. Malamnya diisi dengan ikrar kesepakatan kerja saat prosesi api unggun.

Hari kedua, diawali dengan olahraga pagi agar peserta siap dalam mengikuti kegiatan di hari kedua. Kegiatan diawali dengan pengenalan dasar wilayah tahura raden soerjo oleh UPT Tahura Raden Soerjo, dilanjutkan penyampaian materi oleh BPKH XI Yogyakarta mengenai penggunaan GPS dalam aplikasi survey dan pemetaan dan prakteknya. Terakhir, dilanjutkan praktek kesamaptaan dan baris-berbaris oleh Pusat Pendidikan Korps Brimob Watukosek Jawa Timur.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin, integritas, dan dedikasi polisi kehutanan serta dapat mengedepankan humanis dalam bekerja. Polhut dan pamhut merupakan ujung tombak pengamanan hutan di wilayah Tahura R. Soerjo.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda