BERITA

Dialog Interaktif Kepala Dinas Kehutanan Prov Jatim Dengan Pengurus Paguyuban Industri Dan Kerajinan Kayu Kreatif (Papinkra) Kab. Ngawi

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur beserta jajaran hadir di tengah-tengah para pelaku usaha furniture yang tergabung dalam Paguyuban Industri dan Kerajinan Kayu Kreatif atau Papinkra Kabupaten Ngawi Jawa Timur Untuk mendengar keluhan serta kesulitan yang dihadapi oleh para pelaku usaha yang mengandalkan bahan baku hasil hutan.

Dalam dialog sederhana yang berada di Romanza Furniture Jalan Ngawi-Solo Desa Sidowayah, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi tersebut, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur mendapat beberapa aduan keluhan para pelaku usaha. Salah satu yang menjadi keluhan utama yaitu terkait sulitnya para pengusaha dalam menembus pasar ekspor. Para pelaku usaha meminta agar Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dapat memfasilitasi agar usaha mereka dapat terus berjalan dan berkembang karena selama dua tahun terakhir sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid 19.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa permasalahan yang dihadapi anggota Papinkra akan dibahas dan dicarikan solusi dengan menggandeng pihak-pihak terkait sehingga bisa diperoleh langkah nyata. Untuk menyongsong keberlangsungan usaha tersebut, pihak Perhutani KPH Ngawi turut andil dalam ketersediaan bahan baku. Sejauh ini Perum Perhutani KPH Ngawi telah melakukan berbagai upaya agar ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan tersebut tercukupi.  

Sementara itu Didik Susanto Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Madiun berterima kasih dan mengaku senang dengan hadirnya kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di wilayah kerjanya. Upaya-upaya yang telah dilakukan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Madiun untuk dapat mengembangkan wilayah hutan agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk menunjang kesejahteraan masyarakat sekitar hutan diantaranya yaitu mengadakan berbagai macam pembinaan dan pendampingan kepada para pelaku usaha.

Setelah dilaksanakan dialog interaktif, dilanjutkan dengan kunjungan kerja oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur beserta rombongan ke salah satu anggota Paprinka Kab. Ngawi (Romanza Furniture).

Dengan hadirnya Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur tersebut beberapa permasalahan serta keluhan para pelaku usaha telah mendapatkan solusi. Diharapkan untuk kedepannya kolaborasi tersebut dapat terus berjalan dengan baik, menjaga kelestarian hutan untuk kepentingan bersama.

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda