BERITA

RKTP Jawa Timur Tahun 2012-2032

SEMILOKA RENCANA KEHUTANAN TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2012–2032

Surabaya, 3 Juni 2013
 

     Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Semiloka Rencana Kehutanan Tingkat Provinsi  (RKTP) Jawa Timur Tahun 2012 – 2032 di 4 (empat) Bakorwil yaitu Bojonegoro, Malang, Madiun dan Pamekasan dengan mengundang wakil dari Kabupaten / Kota se Jawa Timur serta menghadirkan narasumber  dari Biro Perencanaan Perhutani Unit II Jawa Timur, BBKSDA, BBTN BTS, BP DAS Brantas, BP DAS Solo dan ASMINDO.
     Tujuannya untuk memberikan arahan-arahan makro pengurusan hutan ke depan dalam rangka optimalisasi potensi multi fungsi hutan dan kawasan hutan serta pemanfaatannya secara lestari bagi kesejahteraan masyarakat.
     Adapun visi dan misi RKTP adalah Terwujudnya hutan lestari yang dikelola berdasarkan sinergisitas aspek ekologi, ekonomi dan sosial bagi kesejahteraan masyarakat Jawa Timur dengan isu strategisnya yaitu : 1). Sumber Daya Manusia, 2) Penegakan Hukum 3) Tata Ruang, Penetapan dan Pemantapan Kawasan Hutan 4) Manajemen Hutan 5) Industri Kehutanan 6) Efisiensi Perum Perhutani dan Komitmen Pengelola Kehutanan  7) Rehabilitasi Hutan dan Lahan  8) Perlindungan dan Pengamanan Hutan 9) Kontribusi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur  10) Kemiskinan serta  11) Pemanfaatan Kawasan Hutan Untuk Keperluan Pembangunan.
     Dengan Semiloka ini diharapkan Rencana Kehutanan Tingkat Provinsi (RKTP) dapat menjadi acuan bagi perencanaan kehutanan pada tingkat yang lebih rendah yaitu perencanaan kehutanan di wilayah Kabupaten / Kota.  Untuk itu kepada para pihak yang membidangi rencana di bidang kehutanan agar segera menyusun rencana-rencana kehutanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda