BERITA

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Provinsi Jawa Timur 2014

Tuban, 23 Desember 2014
 
Puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Provinsi Jawa Timur Tahun 2014 dilaksanakan di areal Pabrik PT. Holcim Indonesia Tbk–Tuban pada tanggal 23 Desember 2014. Untuk mewujudkan prinsip industri hijau melalui kepedulian lingkungan, PT Holcim Indonesia Tbk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Tuban, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan BP DAS Solo sebagai UPT Kementerian Kehutanan RI, melaksanakan kegiatan 'One Billion Indonesian Trees” (Program Penanaman Satu Milyar Pohon) Tahun 2014 Tingkat Provinsi Jawa Timur.
 
Dihadiri 1200 tamu undangan, acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Akhmad Sukardi dan dihadiri Forpimda Provinsi Jawa Timur, Bupati Tuban, K.H. Fathul Huda, Direktur Keuangan PT Holcim Indonesia Tbk, Kent Carson, Forpimda Kabupaten Tuban, Perhutani Divre Jatim, TNI/Polri, pelajar/Mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat yang lain. 
 
Kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan pentingnya fungsi pohon dalam mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor pada musim penghujan serta bencana kekeringan dan kebakaran pada musim kemarau. Selain itu, untuk penurunan emisi Gas Rumah Kaca yang dapat mengurangi pemanasan global dan mencapai pembangunan Indonesia yang bersih (Clean Development Mechanism).
 
Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Direktur Keuangan PT. Holcim Indonesia Tbk, sambutan Sekretaris Daerah Prov. Jatim, penyerahan penghargaan, pelepasan balon, penanaman pohon dan peninjauan ke lokasi ternak sapi hasil pemberdayaan masyarakat PT. Holcim Indonesia Tbk.
 
Pada acara ini penyerahan penghargaan diberikan kepada Kodim yang telah berpartisipasi aktif pada penanaman Turus Jalan Nasional Tahun 2014, dengan juara I sampai juara Harapan III sebagai berikut : Kodim 0810 Nganjuk, Kodim 0821 Lumajang, Kodim 0807 Tulungagung, Kodim 0824 Jombang, Kodim 0825 Banyuwangi dan Kodim 0813 Bojonegoro.
 
Acara selanjutnya adalah penanaman pohon, dimulai dengan penanaman bibit mentega oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur yang diikuti secara serentak oleh seluruh peserta undangan yang hadir di lokasi sekitar pabrik PT Holcim Indonesia Tbk.
 
Semoga dengan kegiatan ini Provinsi Jawa Timur dapat meminimalisir bencana banjir dan tanah longsor serta mendukung program mitigasi penurunan emisi gas rumah kaca di Indonesia.
 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda