BERITA

RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN DINAS KEHUTANAN MENYATUKAN VISI PEMBANGUNAN KEHUTANAN PROVINSI JAWA TIMUR

Rapat Koordinasi Perencanaan Kehutanan dilaksanakan di Pusdiklat Madiun pada tanggal 31 Maret 2015 dan dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Bpk. Ir. GATOT SOEBEKTIONO, MS, yang dihadiri oleh  50 Instansi terkait ( Dinas Kehutanan/ Pertanian/ Perkebunan Kabupaten/ Kota ) & organisasi kemasyarakatan dengan jumlah peserta 100 orang. Sebagai narasumber dalam Rakor tersebut yaitu dari BPS, Bappeda dan Kepala Bidang lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.


Paradigma Pembangunan Kehutanan di Jawa Timur adalah “ Sustainable Forest Management “ artinya Pengelolaan hutan secara lestari. Sedangkan Visinya adalah “KELESTARIAN HUTAN UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN RAKYAT”, karena hutan sebagai salah satu sistem penyangga kehidupan manusia di dunia. Saat ini PBB telah menyatakan bahwa produksi ozon di dunia sangat tergantung dari keberadaan hutan di Indonesia.


Jika dalam 1 ha hutan rata-rata mampu menyimpan 200 ton karbon, maka dengan luas hutan di Jawa Timur 2 juta ha (termasuk hutan rakyat) maka akan mampu menyimpan 400 juta ton karbon. Selain secara ekologis berperan dalam pengendalian pemanasan global, potensi penyimpanan karbon dapat pula dimanfaatkan secara ekonomi dalam skema perdagangan karbon.


Selain itu Rakor ini juga akan menetapkan secara bersama Rencana Strategis Pembangunan kedepan dengan memperhatikan kekuatan, peluang, ancaman dan kelemahan yang ada.


Strategi pertama adalah dipertahankan keberadaan hutan sebagai karunia Tuhan yang sangat berharga, dengan optimalisasi potensi, pengembangan hutan rakyat serta selalu menggelontorkan semangat peduli hutan. Strategi kedua yaitu optimalisasi kemajuan IPTEK untuk mempercepat akses informasi dan data kehutanan guna penguatan dukungan industri non kayu. Strategi Ketiga adalah penegakan hukum, perlindungan hutan, perluasan kesempatan kerja dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Strategi Keempat mendorong dan mempermudah investasi bidang kehutanan maupun non kehutanan dengan memanfaatkan seluruh potensi hasil hutan dan jasa lingkungan.


Dari beberapa strategi tersebut diatas maka Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur menetapkan kebijakan prioritas pembangunan kehutanan di Jawa Timur.
1.    Meningkatkan  tutupan hutan dan lahan
2.    Meningkatkan  effisiensi BUMN Kehutanan (Perhutani)
3.    Meningkatkan industri kehutanan berbasis hutan rakyat
4.    Meningkatkan nilai tambah hasil hutan

 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda