BERITA

Peringatan hari Lingkungan Hidup Dunia

Surabaya,  30 Juli 2015

Acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur berlangsung semarak di alam terbuka Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juli 2015. Dengan mengusung tema "Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi" menjadi sangat relevan karena kini ada sekitar 7,2 miliar manusia yang menghuni bumi, sehingga menyebabkan tingginya kegiatan konsumsi dan produksi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menekan keberlanjutan sumber daya alam dan kualitas lingkungan hidup.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup bertujuan untuk menegaskan komitmen dan aksi pengelolaan dan perlindungan terhadap lingkungan hidup, terutama kepada para pejuang lingkungan. Dalam pelaksanaan peringatan hari lingkungan hidup Pemerintah Daerah memberikan penghargaan kepada ratusan pejuang lingkungan hidup, antara lain dari berbagai kalangan, baik insan pribadi maupun instansi pemerintah, badan usaha, swasta, dan elemen masyarakat Jawa Timur. Di antaranya ada 14 pelestari lingkungan hidup, 151 sekolah peraih penghargaan Adiwiyata, 28 pemenang Desa/Kelurahan Berseri, dan 5 Kabupaten / Kota pemenang penghargaan Penyusun SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah), yakni Kota Surabaya dan Pasuruan,  serta Kabupaten Lumajang, Lamongan, dan Malang.


Tidak ketinggalan BUMN Kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III melalui Pelabuhan Tanjung Wangi di Banyuwangi dan terminal logistik modern yakni Terminal Teluk Lamong di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, bahkan meraih penghargaan "Terbaik" di antara 25 perusahaan. Kedua penghargaan tersebut untuk kategori: Industri Pelaksana Pelaporan Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Konsisten Tahun 2015.


Penyerahan Piagam Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur kepada Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Bapak Rahmat Satria dan General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Wangi Bapak Bangun Swastanto. Pelindo III berhasil memenangkan penghargaan lingkungan hidup karena konsisten rutin melaporkan RKL / RPL (Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan) setiap enam bulan sekali kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) terkait.


Gelar puncak Peringatan Hari Lingkungan tersebut selain penuh torehan prestasi dan apresiasi, juga berlangsung meriah dengan adanya berbagai kegiatan seperti Kemah Hijau dan Pameran Ramah Lingkungan yang menampilkan berbagai produk daur ulang dan teknologi tepat guna.


Salah satu tugas pokok Bidang Planologi Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur adalah melaksanakan publikasi dan kerjasama dibidang kehutanan salah satunya melalui keikutsertaan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dalam kegiatan Pameran
Hari Lingkungan Hidup Se Dunia yang digelar di Taman Chandra Wilwatikta, Pandaan-Pasuruan, tanggal 28 – 30 Juli 2015.

Dalam kegiatan gelar pameran ini Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan UPT Peredaran Hasil Hutan, UPT Perbenihan Tanaman hutan, UPT Tahura R. Soerjo, BBKSDA Jawa Timur, BPDAS Brantas dan Perum Perhutani Divre Jawa Timur.

Aadapun jenis yang ditampilkan pada pameran antara lain :

-       ILM Dan Film Dokumenter Profil Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

-       Prosedur SVLK

-       Leaflet, Banner SVLK

-       Display Prosedur Sertifikasi Perbenihan Tanaman Hutan (Sumber Benih, Mutu Benih, Mutu Bibit, Rekomendasi Pengada/Pengedar Benih/Bibit Tanaman Hutan.

-       Display Pohon Endemik Dominan Jawa Timur

-       Display Sumber Daya Genetik Tanaman Hutan.

-       Film Dokumenter Tahura R. Soerjo6

-       Film Obyek Wisata Alam

-       Leaflet dan Booklet tentang Obyek Wisata Alam Gunung Ijen.

-       pemutaran VCD, slide show, booklet, leaflet, brosur dan banner,  serta souvenir 
pameran yaitu goody bag yang berisi : stiker, gantungan kunci dan pin.

 

 

 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda