BERITA

Kadishut Provinsi Jatim Tinjau Hutan Kayu Putih Sukun Ponorogo.

MADIUN, PERHUTANI (17/5) | Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Indra Wiragana didampingi Sekretaris Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur Yahya Amin Administratur Perhutani Madiun Widhi Tjahjanto mengadakan kunjungan lapang di hutan kayu putih dan temu wicara dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonorejo BKPH Sukun KPH Madiun, di Sekretariat LMDH Wonorejo Desa Sidoharjo Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.


Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur  Indra Wiragana menyatakan bahwa kunjungan kerja ini untuk melihat peran penggarap lahan dibawah tegakan kayu putih yang setiap tahunnya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk ditanami jagung sebagai komoditi unggulan. Pengelolaan hutan sudah seharusnya dilakukan Perum Perhutani bersama LMDH ini berjalan dengan kondusif dan keberadaan hutan tetap terjaga dan tentunya  masyarakat  bisa sejahtera. “ Pungkas Indra.

 
Administratur Perhutani Madiun Widhi Tjahjanto menyatakan kontribusi Perhutani terhadap Masyarakat Desa Hutan, diantaranya pemberdayakan masyarakat setempat untuk berpartisipasi aktif sebagai mitra kerja di Perhutani. Tenaga kerja yang dapat kami serap untuk tenaga pungut atau petik Daun Kayu Putih, baik perempuan maupun laki-laki ditahun 2015 dengan  keluasan  2.460,5 Ha. sebanyak 3.876.900 pohon, dengan target produksi sebanyak 8.055.248 kg, dengan hitungan hari orang kerja per hari per orang menghasilkan maksimal 300 kg. dengan demikian tenaga kerja yang dapat kami serap sebanyak 90 Orang per hari.


Kesimpulan hasil temu wicara tersebut adalah bersama-sama pihak yang berkepentingan berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan fungsi dan manfaat hutan demi kesejahteraan bersama. Kunjungan dilanjutkan melihat lebih dekat Pabrik Pengolahan Minyak Kayu Putih di Sukun. (Kom-PHT/Mdn/Yudi).

 

 

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda