BERITA

Selaraskan Lingkungan dan Ibadah

Dinas Kehutanan Gelar Green Ramadan diLiput Media Jawa Pos

Kemarin (27/3) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur (Dishut Jatim) menggelar Green Ramadan di Lapangan Plaza Kantor Dinas Kehutanan Jatim. Hadir dalam kesempatan itu kepala Balai BKSDA Jatim, sekretaris PWNU Jatim, Sekdis Kehutanan Prov Jatim, ketua Baznas Jatim, kepala BPPLHK wilayah Jabalnusra, serta ketua DWP Dinas Kehutanan Prov Jatim. 
’’Green Ramadan sekaligus menjadi respons kita dalam isu global climate change. Banyak dampak yang sudah kita rasakan seperti pemanasan global, El Nino, dan tingginya air laut. Untuk itu, kita bersinergi dengan semangat rimbawan mengaplikasikan nilai-nilai yang sudah tertulis di dalam Alquran,” papar Kepala Dishut Jatim Dr Ir Jumadi MMt.

Jumadi mengatakan, sebagaimana surah Al-Baqarah 183 bahwa perintah Allah kepada orang beriman agar berpuasa untuk menjadi orang bertakwa. Bertakwa ini bisa diindikasikan dengan perilaku merawat dan menjaga sehingga bermanfaat untuk umat manusia. Nilai itu diaplikasikan dalam berbagai kegiatan Green Ramadan. Di antaranya pemberian bantuan penghijauan lingkungan kepada kelompok tani hutan (KTH) dari enam kabupaten.

’’Lebih dari 1.000 bibit diberikan kepada KTH secara simbolis. Jenis bibitnya merupakan multipurpose tree species atau pohon yang berbuah,” tutur Jumadi. Dalam momentum yang sama juga dihadirkan bazar produk KTH di Jatim. Ada pula lomba melukis bagi siswa SD, salat Duhur berjemaah, khataman Alquran, tausiah, buka puasa bersama, dan Tarawih bersama. (nad/c17/xav)

Berita Lainnya

Aspirasi Masyarakat

Berikan Suara Anda